Rabu, 08 November 2017

Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran 5P

5P adalah seperangkat taktik pemasaran yang diakui, yang dapat Anda gunakan dalam setiap kombinasi untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran Anda. 5P dapat dikontrol, tetapi dengan lingkungan pemasaran internal dan eksternal Anda. Menggabungkan taktik pemasaran yang berbeda ini untuk memenuhi 'kebutuhan dan keinginan dikenal sebagai menggunakan' pelanggan Anda bauran pemasaran taktis '

Product (Produk)

Produk mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang pelanggan Anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Ketika pemasaran produk Anda, Anda harus berpikir tentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris.

Anda dapat menggunakan penelitian dan pengembangan untuk menginformasikan pengembangan produk baru dalam bisnis Anda

Price (Harga )
Hal ini mengacu pada strategi harga untuk produk dan jasa Anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi pelanggan Anda. Anda harus mengidentifikasi berapa banyak pelanggan Anda siap untuk membayar, berapa banyak mark-up yang Anda butuhkan untuk memenuhi biaya overhead, margin keuntungan Anda dan metode pembayaran, dan biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan mempertahankan keunggulan kompetitif Anda, Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan kemungkinan diskon dan harga musiman.

Promotion (Promosi)

Ini adalah kegiatan promosi yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai taktik pemasaran.


Place (Tempat)

Tempat adalah di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi pelanggan untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan Anda.

Anda dapat mengatur diri Anda terpisah dari kompetisi Anda melalui desain ruang ritel Anda dan dengan menggunakan teknik visual merchandising yang efektif. Jika Anda tidak bisnis ritel, tempat ini masih merupakan bagian penting dari pemasaran Anda. Pelanggan Anda mungkin perlu perputaran pengiriman cepat, atau ingin membeli produk yang diproduksi secara lokal.

Jika Anda memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat akan menjadi taktik pemasaran kunci

People (Orang)

Orang merujuk kepada staf dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk Anda. Ketika Anda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, Anda menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan Anda, dan dengan berbuat demikian memasarkan merek Anda kepada mereka. Pada gilirannya, pelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah kemenangan

Konsep 7P dalam Marketing Mix

Agar lebih mudah untuk dipahami, mari kita simak ulasan tentang unsur 7P yang digunakan dalam marketing mix.

Price
Dengan menentukan harga produk yang sesuai dengan kondisi pasar akan mudah diterima oleh konsumen.

Product
Jika berbicara mengenai produk yang anda tawarkan, yang patut anda perhatikan sebelum dipasarkan adalah kualitas produk itu sendiri, dan ini merupakan salah satu faktor agar konsumen merasa puas dan menaruh reputasi yang baik terhadap produk anda.

Promotion
Salah satu strategi untuk mengenalkan produk anda kepada konsumen adalah dengan melakukan promosi, ini akan membuat konsumen memahami lebih detail tentang barang atau jasa yang anda tawarkan.

Place
Place sendiri sering diartikan dengan saluran distribusi, yaitu memindahkan produk disertai hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.

People/Partisipant
Yang dimaksud dengan partisipan adalah yaitu orang yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung pada proses layanan itu sendiri. Misal : Partisipan dalam rumah makan yaitu : koki, pramusaji, kasir dan bahkan tukang sayur.

Process
Untuk menunjukkan bagaimana proses pelayanan yang diberikan terhadap konsumen pada saat terjadi pembelian produk kita.

Psychal Environment/Evidence
Istilah lingkungan fisik merupakan gambaran dari kondisi atau keadaan didalamnya, termasuk juga dengan suasana. Contoh situasi dan kondisi lingkungan institusi, geografi, dekorasi ruangan, cahaya yang terpancar, suara dan aroma, cuaca, yang dijadikan sebagai obyek stimuli.



Sumber :
 (diakses tanggal 8/11/2017)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar